2.1 Definisi Visualisasi
1. Mengeksplor
2. Menghitung
3. Menyampaikan
Data mentah yang diolah lalu ditampilan dalam bentuk
seperti grafik merupakan bentuk penyampaian dengan cara pendekatan visual yang
mana dapat membuat orang yang melihat gambar tersebut dapat dengan mudah
menyimpulkan arti dalam gambar tersebut karena secara umum data yang diolah
dalam bentuk grafik lebih mudah dipahami karena sifatnya yang tidak
berbelit-belit melainkan langsung kepada point yang dituju
2.2 Karakteristik Visualisasi Informasi
1. Menggunakan
Pola
Penggunaan pola berguna agar manusia yang melihatnya dapat
melakukan scanning, recognizing, remembering terhadap apa yang mereka lihat dan
menyimpulkan dengan cepat berdasarkan pola-pola yang membedakan pola yang satu
dengan yang lain
2. Perbandingan
Gambar
Macam-macam perbandingan gambar dapat berupa panjang,
bentuk, orientasi, gradiasi warna, tekstur yang mana merupakan pembeda antara
visual yang satu dengan yang lain. Sehingga dengan perbedaan ini juga dapat
menimpulkan perbedaan informasi yang dihasilkan dari perbandingan gambar yang
satu dengan yang lain, dan dengan perbandingan gambar kita juga dapat mengetahui
informasi yang mana yang lebih baik untuk kita maupun orang lain.
3. Gambar
Animasi
Animasi dapat menggambarkan atau membedakan berdasarkan
perjalanan waktu yang terjadi yang mana tidak dapat digambarkan secara jelas
dengan menggunakan gambar yang diam. Gambar animasi mungkin bagi sebagian orang
lebih digemari dan disukai, Karena dengan animasi, makna dan pesan yang ada
dalam gambar disampaikan secara lebih menarik.
4. Warna
Deskipsi warna dapat membantu perbedaan warna yang di gunakan. Dalam hal ini perbedaan warna juga dapat mempengaruhi perbedaan informasi yang dihasilkan. Dan juga dapat menjadikan informasi menjadi lebih menarik dan warna juga bisa menjadi tambahan pemahaman secara cepat jika warna warna tersebut diberikan keteranan secara khusus.
2.3 Model Dasar Proses Visualisasi Informasi
2.4 Keuntungan Teknik Visualisasi
Keuntungan dari Teknik Visualiasi antara lain :- Eksplorasi visual data dapat dengan mudah mengangani data yang sangat besar, sangat homogen dan noisy sejumlah data.
- Eksplorasi visual data tidak membutuhkan pemahaman tentang matematika yang kompleks dan logika statistik.
- Teknik visualisasi memberikan gambaran kualitatif yang berguna untuk analisis kuantitatif lebih lanjut
- Memberikan perspektif baru pada data.
- Memungkinkan viewer untuk cepat memahami "gambaran umum .
- Dapat digunakan untuk mencari nilai yang hilang di antara beberapa titik data yang telah diketahui.
- Dapat dibuat "user friendly"
- Cepat menciptakan atau memodi kasi kumpulan data dengan memanipulasi objek grafis pada layar komputer.
- Mudah untuk menemukan kesalahan dalam inkonsistensi data dalam jumlah besar.
2.5 Macam Macam Media Visual
1. Diagram
Diagram adalah suatu gambaran-gambaran sederhana untuk
memperlihatkan hubungan timbal balik, terutama dengan garis-garis diagram yang
baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang
diperhatikan. Diagram dengan tipe pie seperti dibawah ini merupakan diagram
yang sangat mudah dipahami dan sangat mudah diserap informasinya, Karena
diagram dengan tipe ini menvisualisasikan informasi dengan menjadikan
informasi menjadi potongan potongan pie, dengan besar pie sesuai dengan nilai
data tersebut.
2. Grafik
Grafik adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau
garis untuk menyampaikan informasi statistik yang saling berhubungan. Dengan
berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar, grafik
mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas
maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara
statistik. Berikut dibawah ini merupakan contoh gambar grafik jumlah peserta
kursus Bahasa inggris, dengan menvisualisasikan data secara grafik kita dapat
mengetahui minat peserta kursus dari taun ke taunnya dengan mudah.
3. Poster
Poster merupakan kombinasi visualisasi yang kuat dengan
warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang lewat, tetapi
cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya. Media ini pada
umumnya digunakan untuk mengenalkan suatu produk dari suatu perusahaan atau
digunakan sebagai sarana promosi.
4. Kartun
Kartun adalah menggambarkan dalam bentuk lukisan atau
karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi
opini masyarakat. Dengan berasumsi pada konsep tersebut, kartun dapat digunakan
sebagai alat bantu proses pengajaran walaupun banyak kartun yang membuat
orang-orang tersenyum, tetapi pada dasarnya kartun mempunyai manfaat dalam
proses belajar mengajar terutama dalam penjelasan rangkaian bahan satu urutan
logis atau mendukung makna.
5. Komik
Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan
karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan
gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan pada pembaca. (1989 : 69).
6. Gambar
Media grafis paling umum digunakan dalam PBM, karena
merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh peserta didik.
Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit menampilkan objek
sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik.
7. Bagan
Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar
keterangan-keterangan, daftar-daftar dan sebagainya. Bagan digunakan untuk
memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain:
perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi.
2.6 Konsep Model Grafik
2.6.1 Elemen Elemen Pembentuk Grafik
Gambar 2.1: Elemen Pembentuk Grafik |
1. Titik
(point)
Dot atau dalam istilah computer dikenal dengan pixel
(picture element) atau kadang juga disebut dengan pel adalah elemen terkecl
dari sebuah gambar atau pola dalam tampilan komputer. Kumpulan dari pixel
membentuk sebuah gambar atau pola yang dapat dikenali dalam variasi warna dan
jumlah yang banyak. Kumpulan pixel dalam jumlah panjang dan lebar tertentu
disebut dengan resolusi.
2. Garis
(Line)
Dua buah titik selalu dihubungkan dengan garis dimana
jarak terdekatnya adalah berupa garis lulus.
3. Vertex
Titik pada gambar 3 Dimensi (3D).
4. Edge
Garis pada 3D yang menghubungkan 2 vertex.
5. Polygon
Bangun sembarang yang terbentuk dari vertex vertex yang
terhubung. merupakan unit fundamental dari gra k komputer.
6. Kurva
Kurva adalah suatu objek geometri yang merupakan garis lengkung,
atau garis yang terbentuk Karena persambunga titik titik yang kontinyu.
7. Raster
Berasal dari system TV yang menggunakan kolom pixel. Keuntungannya adalah dapat menggambarkan benda (model) seperti dunia nyata dengan banyak variasi warna. Namun raster juga memiliki kekurangan yaitu memakan memory yang besar dan jika diperbesar dengan sekala tertentu makan gambarnya akan pecah.
2.6.2 Kegiatan Terkait Pemodelan Grafik Komputer
1. Pemodelan
Geometris
Pemodelan Geometris merupakan cabang dari matematika
terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk
deskripsi matematika bentuk, baik itu berbentuk 2D maupun bentuk 3D.
2. Rendering
Rendering adalah suatu kegiatan memproduksi citra yang
lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi
Animasi adalah menetapkan atau menampilkan kembali tingkah
laku/behavior objek bergantung pada waktu yang berjalan, dan animasi juga
merupakan suatu gambar yang bergerak yang terdiri dari beberapa frame.
4. Histogram
Citra
Informasi penting mengenai isi citra digital dapat
diketahui dengan membuat histogram citra. Histogram citra adalah gra k yang
menggambarkan penyebaran nilai-nilai intensitas pixel dari suatu citra atau
bagian tertentu di dalam citra. Dari sebuah histogram dapat diketahui frekuensi
kemunculan nisbi (relative) dari intensitas pada citra tersebut. Histogram juga
dapat menunjukkan banyak hal tentang kecerahan (brightness) dan kontas
(contrast) dari sebuah gambar. Karena itu, histogram adalah alat bantu yang
berharga dalam pekerjaan pengolahan citra baik secara kualitatif maupun
kuantitatif.
0 komentar:
Posting Komentar